Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara bikin Nugget Mudah gak Ribet!

Assalamualaikum, bunda-bunda...

 

 

Saya mau kasih tau nihh tentang resep masakan yang sudah saya buat. Dan ini awet hingga berhari-hari, bahkan berbulan-bulan lohh.

 

Kira-kira apa yaaa?

 

 

Resep dan Cara bikin nugget mudah gak ribet
Resep dan Cara bikin nugget mudah gak ribet | ResepMenarique

 

 

Nah ini diaaa, lauk sederhana, awet, dan banyak disukai oleh anak-anak, yaitu nugget.

 

Membeli makanan siap saji memang sangatlah mudah dan ga ribet, eiitsss tapi jangan salah di masa pandemi ini, kita harus benar-benar menjaga dan memilah-milah makanan yang akan kita konsumsi. Apalagi makanan siap saji itu kita tidak tahu bahannya apa saja, cara pengolahannya bagaimana, dan efek dari makanan yang kita sajikan itu seperti apa.

Makan makanan siap saji boleh-boleh saja, namun jangan sering-sering yaa Bun. Mending olah-olah sendiri. hehe

Hemmm, biar lebih aman dan tau apa saja komposisinya, yuk mending kita bikin sendiri, yang tentunya lebih irit, lebih sehat, dan mudah untuk diolah.



Bikin Nugget tanpa ribet

-----


Bahan: 

  • 1/2 Kg daging ayam tanpa tulang potong sedang

  • Wortel secukupnya

  • 2 Telur Ayam

  • 7 sdm Tepung Tapioka

  • Tepung Panir / Tepung Roti

  • Tepung Chicken



 

Bumbu: 

  • 3 siung bawang putih

  • 1 sdt lada bubuk

  • 5 sdt garam halus

  • Penyedap rasa




Langkah Memasak :


  1. Parutlah Wortel secukupnya menggunakan parut keju

  2. Haluskan/blender daging ayam beserta 3 siung bawang putih, 1 sdt lada bubuk, 5 sdt garam halus

  3. Siapkan wadah untuk menuang daging ayam yang sudah dihaluskan. Lalu masukkan daging ke wadah beserta 7 sdm tepung tapioka, 1 telur ayam, penyedap rasa secukupnya dan juga wortel yang sudah diparut keju. Aduk hingga merata

  4. Kukuslah di loyang atau yang biasanya untuk mengukus dan memanggang roti. Namun sebelum adonan nugget dituang ke wadah, terlebih dahulu diolesi dengan minyak goreng secukupnya agar tidak lengket.

  5. Kukuslah selama kurang lebih 30 Menit

  6. Setelah dikukus, angkat dan dinginkan.

  7. Jika sudah dingin, silakan potong-potong sesuai selera; persegi, persegi panjang, segitiga, love, dan bisa juga menggunakan cetakan. Potong kurang lebih dengan ketebalan 1/2 atau 1 cm.

  8. Buat adonan untuk lumuran nugget yaitu dengan menggunakan tepung chicken secukupnya, kalau porsi nuggetnya banyak bisa juga dicampur dengan terigu. Setelah itu campurkan juga 1 telur dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga merata

  9. Siapkan wadah/piring untuk tepung panir

  10. Masukkan nugget ke dalam adonan tepung, angkat dan langsung taruh di tepung panir. lumuri tepung panir dengan cara menekan-nekan, agar menempel di nugget.

  11. Jika ingin tebal, bisa ditaruh di adonan lumuran tepung lagi, lalu ditaruh di tepung panir lagi dan tekan-tekanlah agar menempel. Terapkan ke semua nugget.

  12. Jika semua nugget sudah dilumuri adonan tepung dan tepung panir, silahkan goreng dengan api sedang. Ingat-ingat ya, jika nuggetnya ingin ditaruh di kulkas atau disimpan, gorengnya setengah matang aja Bun,

    cuma beberapa detik aja trus dinginkan, jika sudah dingin dimasukkan ke plastik lalu tutup rapat di wadah/tupper ware. Namun jika ingin dimakan langsung bisa digoreng hingga warnanya orange2 gitu. Yh, sekitar 2 menitan. Lalu tiriskan. Tapi ingat jangan gosong yaa.





Nah, nugget siap dihidangkan. Mudah kan? Hemat dan bisa jadi banyak pula.

 

 

Silakan mencoba yaa..😋

😋😋

Kuyyy cobain bun.😋😋😊


Selamat mencoba..🤗





Posting Komentar untuk "Resep dan Cara bikin Nugget Mudah gak Ribet!"



Berbagai konten di ResepMenarique dibuat oleh Tim Kontributor "Resep Menarique", harap untuk mencantumkan sumber, jika menjadikan referensi di blog maupun di artikel. Kunjungi Social Media kita di Twitter, Facebook dan Instagram, jangan lupa follow ya ^_^